-->

Fakta Rusaknya Paru Paru Pada Perokok Tak Dapat Dibantah

Paru - paru perokok mungkin tidak akan langsung merasakan efek negatif akibat merokok. Namun racun - racun yang terkandung dalam sebatang rokok secara perlahan namun pasti akan merusak melemahkan dan merusak fungsi paru - paru sehingga paru - paru tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Inilah cikal bakal datangnya penyakit paru paru.

Rusaknya paru - paru perokok pada banyak kasus diakui memang tidak menjadi pelajaran yang berarti untuk berhenti merokok, baru setelah terkena penyakit paru - paru, pada ingat deh ... apa itu bahayanya merokok. Paru - paru pada perokok lambat laun akan menjadi rusak itu dikarenakan kandungan berbagai racun pada sebatang rokok, lalu apa sih kandungan racun itu kok kayaknya menakutkan sekali ya.

Beberapa jenis racun yang terkandung pada sebatang rokok ini sanggup menghancurkan paru - paru perokok, termasuk anda yang sedang membaca artikel ini :

  • Nikotin. Nikotin merupakan gas yang tidak berwarna tetapi memiliki bau yang khas . Nikotin mempounyai kemampuan menekan rasa lapar dan memicu seseorang terserang anemia dan dehidrasi. Pengaruh rokok terhadap paru paru paling banyak disebabkan karena jumlah nikotin yang berlebihan yang telah masuk kedalam paru paru.
  • Tar. Cairan berwarna kecokelatan yang ada pada permukaan kayu dan arang dari getah pohon tembakau.Diman memiliki efek samping menyebabkan kanker paru paru. Pengaruh rokok terhadap paru paru paling sering diakibatakan oleh serabngan tar yang mengendap dalam jaringan paru paru.
  • Pyridine. Pyridine berbentuk cairan yang berbau tajam yang memiliki kemampuan melarutkan, Mengikat dan menguap dengan resapan yang relatif cepat seperti alkohol.
  • Acetol. Acetol adalah zat hasil dari penggabungan zat aldehyde yang mudah menguap seperti cairan alkohol dan dapat melarutkan warna pekat dari bahan dasar lilin.
  • Methyl Chlorida. Methyl chlorida adalah zat beracun karena uapnya dapat membahayakan saraf saraf otak sama kuatnya dengan karakter obat bius. Zat tersebut merupakan gabungan dari zat hidrogen dan karbon yang bertindak sebagai unsur utama.
  • Hidrogen Sulfide. Hidrogen sulfide merupakan gas ringan yang mudah terakumulasi dengan udara bersuhu tinggi sehingga mudah terbakar dan berbau khas. Zat ini dapat menyumbat oksidasi enzim dalam tubuh.
  • Acrolein. Acrolein adalah zat berbentuk cairan tetapi tidak berwarna yang terdapat pada Glyceril dimana zat tersebut mengandung alkohol yang mudah menguap dengan udara.
  • Ammonia. Ammonia berupa gas tak berwarna dan bersifat racun serta berbau tajam, Yaitu zat nitrogen dan hidrogen yang dapat menyebabkan seseorang pingsan dan mengalami koma jika masuk dalam aliran daarh atau arteri tubuh walau dalam jumlah kecil.
  • Phenol. Phenol merupaka zat unik yang dihasilkan dari proses distilasi zat organik misalnya kayiu dan arang dimana memilikim kemampuan memblokir aktifitas kerja enzim enzim didalam tubuh. Pengaruh rokok terhadap paru paru banyak dikendalikan aleh zat Phenol yang ada pada rokok.
  • Karbon Monoksida. Gas Karbon monoksida bersifat ringan dan tidak berbau. Gas tersebut dihasilkan dari proses pembakaran yang terjadi didalam tubuh manusia . Gs tersebut bersifat racun jika masuk dalam tubuh bersama hemoglobin dalam otot karena menyebabkan tubuh jadi kekurangan oksigen dan tubuh dalam keadaan lemah. Pengaruh rokok terhadap paru paru banyak diakibatkan karena sebatang rokok mengandung zat karbon dioksida yang takarannya lebih tinggi darai nikotin dan tar.
  • Methanol. Methanol merupakan zat yang mudah terakumulasi dengan sinar matahari atau klokasi yang bersuhu panas sehingga mudah terbakar. Jika masuk dalam jarungan paru maka akan menyebabkan iritasi dan kebutaan jika terkena retina mata.


KONDISI BURUK YANG MENYERANG PARU PARU PEROKOK

Dampak buruk pada paru paru perokok Perokok aktif dan pasif sama sama beresiko terserang penyakit yang bukan hanya berhubungan dengan kesehatan jantung tetapi berkaitan dengan kesehatan paru paru. Diantranya:

1. Kanker paru paru. Merokok selama bertahun tahun dan tidak diimbangi dengan makanan

paru - paru perokok
yang bergizi tinggi dapat menyebabkan seseorang beresiko lapisan tabung paru paru menjadi iritasi berat dan timbul pembengkakan. Kondisi seperti ini menyebabkan paru paru mengalami perubahan bentuk sel sel sehat menjadi sel abnormal didalam DNA yang memicu munculnya penyakit paru paru obstruktif kronik yang dapat menyebabkan seseorang terserang kanker paru paru.

2. Paru paru mengalami emphysema (peradangan). Asap tembakau yang memenuhi jaringan paru terus menerus dapat merusak pembuluh darah melalui dinding paru, Kondisi tersebut menyebabkan struktur paru paru pada perokok mengalami peradangan berat dan dapat mengurangi jumlah jaringan paru yang sebenarnya mempunyai fungsi menyebarkan darah yang berisi oksigen dan oksigen dari udara kejaringan darah.

3. Flek pada paru paru. Asap rokok dapat menyebabkan flek pada paru p[aru yang biasanya diawali dengan gejala batuk batuk yang berkepanjangan , Kejang otot paru dan sesak nafas sehingga pada sebagian orang menyebabkan pingsan.

4. Iritasi paru paru. Asap rokok yang masuk dalam jaringan paru paru menyebabkan peningkatan lendir diparu. Kondisi ini dapat menyebabkan kelumpuhan silia. Silia merupakan rambut kecil halus yangb melapisi saluran penyaring udara dann kotoran. Peningkatan jumlah lendir pada paru paru menyebabkan iritasi dan menurunkan fungsi paru paru itu sendiri.

5. Pengerasan dinding arteri paru. Zat racun pada asap tembakau rokok dapat mengendap dan tinggal pada jaringan paru paru perokok selama bertahun tahun dan mengalami pengerasan serta penebalabn pada dinding arteri paru paru sehingga kerja paru paru menjadi lebih lambat dan memicu kelainan pada fungsinya. Kondisi tersebut menyebabkan seseorang terserang sesak nafas dan dada sangat sakit.

6. Paru paru kotor. Kandungan tar, Nikotin dan zat lain pada rokok dapat mengotori dan mencemarai paru paru dan merubahnya menjadi keruh dan rentan terserang berbagai bakteri.Tar dan semua zat yang ada dirokok mampu melwkat pada paru paru sehingga aliran darah sekitar paru terhambat dan tidak lancar. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan dada terasa berat, Nyeri dan nafas menjadi lebih pendek atau sesak nafas.

7. Arteri saluran paru menyempit. Merokok sejak remaja menyebabkan jumlah darah disekitar paru paru menjadi sangat sedikit. Hal tersebut disebabkan karena asap rokok bersifat karsinogen atau mampu masuk dalam pembuluh darah dan menyumbatnya sehingga aliran darah tidak lancar. Kondisi tersebut dapat membuat paru paru perokok kehilangan kemampuanya menyebarkan oksigen keseluruh tubuh.

8. Struktur jaringan paru berubah. Asap rokok dapat menyebbakan kerusakan alveoli pada jaringan paru sehingga dapat memicu peradangan dan penyempitan pada saluran pernafasan. Fungsi paru paru yang berubah menyebabkan penyakit obstruksi paru paru menahan seperti Penyakit asma , Bronkitis akut dan peradangan paru paru berat.


JUS YANG BAIK UNTUK PARU PARU PEROKOK

Aneka jus berikut ini bagus untuk menyehatkan paru paru namun tidak akan berarti apa apa jika anda tidak berhenti merokok :

1. Jus Alpukat. Alpukat matang memiliki zat kalium yang sangat tinggi sehingga baik untuk paru paru. Zat kalium dapat bertindak sebagai tonik yang membersihkan paru paru perokok yang tercemar oleh asap rokok dan dibantu oleh kinerja hati dan ginjal sehingga racun mudah untuk dikeluarkan melalui keringat dan air seni.

2. Jus Nanas. Ini juga membawa dampak positif pada paru - paru perokok. Nanas memiliki vitamin dan mineral yang dapat bertindak sebagai zat antioksidan aktif yang melindungi sistem pernafasan akibat serangan nikotin rokok, Sehingga paru paru terbebas dari pencemaran asap rokok. Pengaruh rokok terhadap paru paru manusia banyak yang berhasil di sembuhkan karena rajin mengkonsumsi jus nanas sehari satu kali dengan takaran sedang atau cangkiur ukuran sedang.

3. Jus jeruk. Jeruk memiliki kandungan vitamin C dan anti inflamasi yang kujat sehingga mampu membantu jaringan hati untuk mempercepat proses pembersihan paru paru perokok dari racun akibat rokok. Rajin mengkonsumsi minuman jeruk setiap hari mampu menghancurkan pengerasan pada jaringan paru akibat pengendapan racun hasil dari penumpukan nikotin selama bertahun tahun.

4. Jus apel. Apel adalah buah nikmat yang mempunyai nutrisi yang dibutuhkan untuk membersihkan paru paru perokok dari sisa limbah nikotin asap rokok. Nutrisi pada apel mampu memperbaiki sel sel tubuh agar terhindar darai pergerakan sel kanker, Termasuk kanker paru paru.


Nasehat para ahli di bidang kesehatan tidak ada salahnya jika kita ikuti, merokok adalah tindakan boros yang sangat merusak kesehatan termasuk kesehatan paru paru perokok itu sendiri. Baca juga : penyakit paru - paru basah

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel