Pelajari RAHASIA MEMBELI ASURANSI UNIT LINK YANG MENGUNTUNGKAN Sebelum Mengambil Keputusan. Klik di sini
=========

Mengenal Apa Itu Penyakit Paru - Paru Basah dan Bahayanya

Paru - paru basah sebenarnya cukup dikenal di tengah masyarakat kita. Biasanya mereka mengaitkannya dengan kebiasaan buruk dengan tiduran di lantai tanpa alas. Benarkah penyakit paru - paru basah bisa timbul dengan cara itu?  Namun pada kenyataannya banyak yang memiliki kebiasaan tersebut juga aman - aman saja. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah pengertian apa itu penyakit paru - paru basah.

Ternyata penyakit paru - paru basah itu tidak dikenal di dunia medis. Paru-paru basah merupakan istilah di masyarakat yang sering digunakan dokter/petugas medis untuk menunjukkan kelainan pada rongga paru-paru yang terisi cairan paru-paru. Proses yang sebenarnya terjadi adalah proses peradangan. Kenapa disebut basah, karena memang paru-paru terisi cairan radang.

Istilah paru paru basah dalam bahasa medis disebut Pneumonia, yaitu infeksi satu atau kedua paru-paru yang biasanya disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Sebelum penemuan antibiotik, sepertiga dari semua orang yang mengembangkan paru-paru basah kemudian meninggal dari infeksi. Saat ini, Meskipun sebagian besar orang-orang yang terinfeksi penyakit paru paru basah sembuh, kira-kira 5% diantaranya memiliki prognosis buruk yang dapat berujung pada kematian.

Penderita penyakit paru - paru basah pada umumnya merasakan tanda - tanda atau gejala yang khas seperti :

Gejala penyakit Paru Paru Basah Gejala umum paru paru basah karena bakteri dapat berkembang dengan cepat, berikut ini termasuk gejalanya: 

  • Sakit dada
  • Demam dan menggigil
  • Batuk kering
  • Nyeri otot
  • Mual / muntah
  • Napas cepat
  • Denyut jantung yang cepat
  • Kesulitan bernapas

 

BAKTERI PENYEBAB PENYAKIT PARU - PARU BASAH 
 
Ada beberapa hal yang menjadi pemicu timbulnya penyakit paru - paru basah. Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi penyebabnya :

Haemophilus influenzae. Bakteri Gram-Negatif ini pertama kali dijelaskan pada tahun 1892 oleh Richard Pfeiffer di mana bakteri ini sebagai salah satu penyebab influenza dan penyakit paru paru basah , Pada kasus penyakit paru paru basah di temukan 20% kasus di akibatkan karena infeksi bakteri jahat ini .

Streptococcus pneumoniae. Adalah bakteri Gram-positif yang termasuk dalam genus streptococcus yang merupakan bakteri yang paling bertanggung jawab dalam kasus penyakit radang paru paru basah ,Hal ini di buktikan dengan 50% kasus penyakit paru paru basah di sebabkan karena bakteri ini .

Mycoplasma pneumonia. bakteri ini ikut menyumbangkan beberapa orang di vonis menderita radang paru paru basah ,dimana 3% kasus penyakit radang paru paru basah di sebabkan oleh bakteri jahat ini .Orang orang yang tinggal di tempat padat seperti sekolag,tempat penampungan tunawisma dll memiliki tinggi resiko untuk mengalami penyakit paru paru basah ini .

Chlamydophila pneumoniae. Bakteri yang termasuk dalam spesies bakteri Chlamydophila ini juga bertanggung jawab atas serangkaian serangan penyakit paru paru basah ,Pada kasus penyakit paru paru basah bakteri ini bertanggung jawab atas 13% kasus dimana bakteri ini selain dapat menyebabkan paru paru basah juga dapat menyebabkan bronkitis .


APAKAH PENYAKIT PARU - PARU BASAH MENULAR?

Penyakit paru paru basah adalah penyakit infeksi bakteri dan infeksi ini bisa menular pada

penyakit paru paru basah
siapa saja ,proses penularan penyakit paru paru basah ini bisa melalui dua cara yaitu langsung dan tidak langsung .

Langsung di sini diartikan dengan penularan yang terjadi melalui udara yang telah tepapar bakteri Streptococcus penumoniae yang kemudian terhirup dan menginfeksi tubuh ,serta penularan secara tidak langsung di lakukan bukan melalui udara melainkan lewat barang barang atau alat yang di gunakan oleh penderita seperti alat makan .


BAHAYA KOMPLIKASI PENYAKIT PARU - PARU BASAH

Berikut ini adalah beberapa bahaya komplikasi yang mungkin timbul jika seseorang mengalami paru paru basah :

1. Efusi pleura. Pleura Efusi terjadi ketika penumpukan kelebihan cairan dan dahak memenuhi lapisan dinding dada, kantung udara paru-paru dan ruang-ruang di antaranya. Ini adalah komplikasi umum yang timbul dari pneumonia.

2. Bakteremia. Bakteremia adalah suatu kondisi di mana ada sejumlah besar bakteri hadir dalam aliran darah. Hal ini dianggap sebagai komplikasi parah yang mungkin timbul dari pneumonia dan bisa berakibat fatal jika tidak segera diobati. Bakteremia harus ditangani dengan cepat atau infeksi dapat menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh dan menyebabkan mematikan organ utama.

3. Kegagalan Pernapasan. Komplikasi lain yang berat dari paru - paru basah adalah Hypoxemic Kegagalan pernapasan. Kondisi ini terjadi ketika ada peradangan parah pada dinding paru-paru menyebabkan aliran udara ke shunt off atau membatasi darah dan aliran udara. Hasilnya adalah hilangnya oksigen ke paru-paru dan akhirnya aliran darah terhambat.

4. Kegagalan ventilasi. Kegagalan ventilasi adalah nama umum lain untuk Hiperkapnia. Kondisi ini disebabkan karena beberapa alasan, salah satu yang menjadi komplikasi parah dari pneumonia. Hal ini dikarenakan otot-otot di paru-paru, atau otot ventilator, bekerja sangat keras untuk memompa paru-paru naik dan turun.

5. Endokarditis. Endokarditis adalah infeksi lapisan dalam jantung. Kondisi ini berkembang di seluruh membran disebut endokardium-daerah yang mengelilingi ruang dan katup jantung. Ketika kuman dan bakteri dari paru-paru dan bagian tubuh lainnya mulai menyebar ke dalam aliran darah mereka dapat mulai menyerang wilayah yang rentan ini. Jika Endokarditis tidak diobati dapat menyebabkan kerusakan katup ireversibel atau gagal jantung.

Mengenal Apa Itu Penyakit Paru - Paru Basah dan Bahayanya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edy Utomo

0 comments:

Poskan Komentar

Mohon komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik. Komentar tidak pantas akan langsung kami hapus.