Pelajari RAHASIA MEMBELI ASURANSI UNIT LINK YANG MENGUNTUNGKAN Sebelum Mengambil Keputusan. Klik di sini
=========

Penyebab Penyakit Ginjal Yang Mematikan

Penyebab penyakit ginjal. Timbulnya penyakit ginjal bermula dari rusaknya fungsi ginjal karena tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.  Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab penyakit ginjal :


1. Infeksi saluran kemih. Infeksi pada saluran kemih juga menjadi penyebab penyakit ginjal, terutama pada wanita. Bakteri seringkali menjadi penyebab dari infeksi saluran kemih. Hal ini biasanya mempengaruhi kandung kemih, namun pada akhirnya dapat menyebar ke organ ginjal juga. Ketika gejalanya terjadi, akan membuat seseorang menderita sakit pada perut, demam menggigil dan mual. 
 
2. Infeksi ginjal. Dalam ilmu kedokteran, infeksi ginjal juga disebut pielonefritis. Hal ini terjadi karena disebabkan karena jaringan pada ginjal yang mengalami peradangan. Dengan demikian, selaput atau kapsul ginjal yang mengelilingi ginjal mengalami peregangan dan ginjal sendiri dalam kondisi membengkak. Dalam kasus infeksi ginjal, sakit yang sangat kuat dapat menyebabkan nyeri di daerah yang terkena. Ini bisa disertai dengan demam yang sangat tinggi. 


3. Penyakit ginjal polikistik. Ini adalah gangguan ginjal secara genetik yang menyebabkan ginjal membesar karena pembentukan beberapa kista selama beberapa tahun. Kondisi ini dapat menjadi penyebab sakit ginjal. Rasa sakit yang diderita akan terasa pada daerah depan perut, bukan daerah punggung. 

4. Kanker ginjal. Kanker ginjal juga menjadi salah satu penyebab sakit ginjal. Tumor bisa saja tumbuh begitu besar sehingga dapat merusak kapsul ginjal dengan menyebabkan peregangan yang berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan nyeri yang hebat.

 
5. Batu ginjal. Salah satu penyebab sakit ginjal adalah karena adanya batu ginjal. Batu ginjal tersebut merupakan hasil dari pengkristalan urin yang kemudian mengeras menjadi batu. Terdapat berbagai jenis batu ginjal yang dapat berkembang dikarenakan berbagai zat tertentu yang terdapat dalam urin. Batu-batu yang mengkristal ini akan dapat menyumbat saluran kencing dan menghentikan aliran urin. Sebagai akibat, urin tidak bisa keluar dari ginjal dan menyebabkan saluran membengkak.

6. Penyumbatan saluran urin. Ada kondisi kesehatan tertentu seperti uropathy obstruktif kronis atau pembesaran prostat yang dapat menyebabkan penyumbatan urin sehingga berakibat buruk pada kondisi ginjal.


Di atas adalah kondisi umum yang dapat menjadi penyebab penyakit ginjal, sebenarnya ada berbagai kondisi tertentu yang disadari atau tidak dapat menjadi faktor pemicu atau penyebab sakit ginjal. Salah satu contohnya adalah pola hidup kita yang tidak sehat, ini adalah faktor penting sekali yang apabila tidak diperhatikan, tidak hanya akan mengakibatkan sakit ginjal namun jenis penyakit mematikan lainnya siap menjadi ancaman serius seperti : penyakit jantung, diabetes, kolesterol, stroke, paru - paru dan lainnya.

Jenis penyakit pada ginjal ginjal ada banyak, namun semua itu jika tidak diobati dapat berujung pada gagal ginjal. Jadi gagal ginjal merupakan muara penyakit ginjal yang membuat ginjal menjadi tidak berfungsi lagi. Penyakit gagal ginjal dapat dibagi menjadi 2 macam berdasarkan perjalanan penyakitnya, yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis.

Selain beberapa penyebab penyakit ginjal di atas, kondisi gagal ginjal dapat disebabkan oleh 2 golongan penyebab gagal ginjal, yaitu :  penyebab gagal ginjal akut dan penyebab gagal ginjal kronis.


 

Penyebab gagal ginjal akut

Gagal ginjal akut merupakan kondisi yang lebih darurat dibandingkan gagal ginjal kronis. Pasalnya gagal ginjal akut terjadi dengan cepat yang dapat merusak hampir seluruh organ ginjal sehingga dapat menyebabkan kematian bila tidak mendapat pertolongan segera. Berikut adalah penyebab sakit ginjal akut:

  •  Infeksi. Contoh penyakit infeksi yang menjadi penyebab sakit ginjal adalah malaria, demam berdarah dengue dan leptospirosis. Keadaan infeksi ini dapat sedemikian rupa membuat tubuh menjadi dehidrasi serta merusak ginjal secara langsung hingga menyebabkan gagal ginjal.  
  • Luka Bakar. Penyebab sakit ginjal kali ini adalah luka bakar yang luas, biasanya lebih dari 30% luas tubuh. Luka bakar akan merusak kulit sehingga kulit tidak dapat menjalani fungsinya dengan optimal. Hal ini rentan menyebabkan air mudah menguap dari kulit yang terbakar sehingga rentan menyebabkan terjadinya gagal ginjal.
  • Kurang Cairan / Dehidrasi. Dehidrasi merupakan penyebab sakit ginjal nomor satu. Beberapa hal yang dapat menyebabkan dehidrasi adalah diare (BAB lebih dari 3x sehari), perdarahan yang banyak, muntah-muntah hebat dan demam tinggi. Seseorang yang menderita keadaan di atas tidak boleh kurang minum karena dapat memperparah keadaan dehidrasinya.
  • Sumbatan Saluran Kencing. Sumbatan di salah satu saluran kencing (mulai dari ginjal saluran kencing yang paling akhir) yang bersifat kronis dapat membuat air kencing sulit dibuang dan akhirnya kembali ke organ ginjal sehingga merusak ginjal.
  • Beberapa Macam Obat. Jenis obat tertentu membuat rentan menderita gagal ginjal akut. Tidak semua obat dapat menyebabkan sakit ginjal. Obat yang dimaksud di sini adalah obat penahan nyeri, obat kanker, beberapa macam antibiotik dan obat anti darah tinggi.


Penyebab gagal ginjal kronis

Angka kejadian gagal ginjal kronis lebih banyak dibandingkan gagal ginjal akut. Hal ini dikarenakan penyebab sakit ginjal ini lebih umum daripada gagal ginjal akut. Gagal ginjal kronis timbul perlahan - lahan dan berlangsung secara menahun. Gagal ginjal kronis tidak dapat disembuhkan dan harus menjalani pengobatan seumur hidup. Hampir sebagian besar orang yang cuci darah disebabkan oleh penyakit ginjal kronis ini.
Berikut adalah penyebab gagal ginjal kronis yang paling sering:

  1.  Radang Pada Ginjal. Radang pada ginjal dapat disebabkan oleh berbagai macam sebab Yaitu penyakit infeksi dan penyakit imunitas. Penyakit infeksi yang sering menyebabkan gagal ginjal kronis adalah infeksi ginjal berulang dan penderita penyakit HIV. 
  2. Darah Tinggi. Selain menyebabkan penyakit jantung dan stroke, darah tinggi juga dapat menyebabkan gagal ginjal kronis. Penyakit darah tinggi yang telah berjalan dalam waktu lama dan tidak mendapat pengobatan yang tepat, berpotensi mengalami gagal ginjal kronis.    
  3. Diabetes Melitus / Kencing Manis. Kencing manis yang telah berjalan lama dan tidak diobati terus-menerus sangat sering menyebabkan gagal ginjal kronis. Bahkan gagal ginjal kronis biasa menjadi komplikasi kencing manis yang tak jarang merenggut nyawa. Kencing manis adalah penyebab nomor satu gagal ginjal kronis di dunia.
  4. Penyakit Ginjal Polikistik. Penyebab sakit ginjal yang satu ini merupakan suatu penyakit yang biasanya bersifat genetic atau keturunan. Sulitnya ialah penyakit ini tidak memberikan gejala sehingga biasanya baru memberikan gejala setelah fungsi ginjal sudah menurun drastis.


Kebiasaan buruk penyebab penyakit ginjal

 
Kurang minum air. Fungsi ginjal adalah untuk menyaring darah serta menghilangkan racun

penyebab penyakit ginjal
dan limbah sisa metabolisme tubuh. Dan apabila Anda sering tidak minum air dalam jumlah yang cukup, maka racun limbah tubuh akan menumpuk dan bisa menyebabkan kerusakan parah pada ginjal Anda.



1. Sering Menahan pipis. Mungkin banyak yang menunda waktu kebelakang karena kesibukan pekerjaan atau karena hal lain misalnya diperjalanan. Menahan keluarnya urin akan meningkatkan tekanan pada ginjal dan membebaninya. Jika hal ini seringkali dilakukan, maka bukan tidak mungkin hal ini akan menyebabkan gagal ginjal, memicu batu ginjal, dan inkontinensia.  

2. Terlalu banyak mengkonsumsi garam. Tubuh kita sebenarnya membutuhkan natrium dari garam untuk menjalankan fungsinya dengan benar. Namun terlalu banyak mengkonsumsi garam, bisa menaikkan tekanan darah yang pada akhirnya akan membebani dan merusak ginjal. 


3. Suka minum Kopi secara berlebihan. Sama halnya seperti garam, kafein bisa meningkatkan tekanan darah; yang pada akhirnya akan menempatkan tekanan tambahan pada ginjal. Ini juga berpotensi merusak ginjal.
 
4. Mengkonsumsi gula berlebihan. Studi secara ilmiah menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi minuman terlalu manis setiap hari, lebih mungkin untuk mendapatkan protein dalam urin mereka. Protein yang terdapat dalam urin, merupakan pertanda awal bagi orang tersebut jika ginjalnya tidak melakukan fungsinya dengan sebagaimana mestinya.

5. Sering begadang. Pada malam hari tubuh melakukan perbaikan terhadap jaringan tubuh yang rusak termasuk jaringan pada ginjal Anda; sehingga istirahat malam akan memberikan waktu bagi tubuh untuk melakukan tugasnya tersebut. Dan itu tidak terjadi pada orang yang sering begadang, sehingga ginjalnya menjadi rusak.


6. Sering mengkonsumsi protein hewani secara berlebihan. Selama mengkonsumsi protein (terutama dari daging merah), meningkatkan beban metabolisme pada ginjal. Jadi, jika lebih banyak asupan protein, maka ginjal harus bekerja lebih keras; sehingga jika sering dilakukan dari waktu-ke-waktu bisa menyebabkan kerusakan ginjal.
 
7. Kekurangan Vitamin Dan Mineral. Makan-makanan yang bersih, diet banyak sayuran segar dan buah-buahan, penting untuk kesehatan secara keseluruhan termasuk untuk fungsi ginjal yang baik. Banyak kekurangan vitamin dan mineral bisa meningkatkan risiko batu ginjal atau bahkan gagal ginjal.

8. Berlebihan mengkonsumsi Alkohol. Bahan ini akan menimbulkan banyak tekanan dan dapat menimbulkan kerusakan pada ginjal dan liver.

9. Penggunaan obat penghilang nyeri secara berlebihan. Penggunaan berlebihan atau tanpa pengawasan ahli kesehatan, obat penghilang rasa sakit bisa menyebabkan kerusakan parah pada hati dan ginjal. 


Ternyata ada banyak hal yang harus kita pelajari tentang penyebab penyakit ginjal yang dapat mengancam nyawa kita. Mudah - mudahan dapat menjadi pengingat bagi kita untuk selalu hidup sehat.
Penyebab Penyakit Ginjal Yang Mematikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edy Utomo

0 comments:

Posting Komentar

Mohon komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik. Komentar tidak pantas akan langsung kami hapus.