-->

Jenis Penyakit Pada Ginjal Manusia

Penyakit pada ginjal. Sebagaimana kita ketahui peranan ginjal pada tubuh manusia sangat penting, kerusakan pada organ ginjal membuat fungsi ginjal tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Inilah yang dapat menyebabkan penyakit pada ginjal. Bagian - bagian pada ginjal itu sendiri masing - masing memiliki fungsi yang penting dan saling berkaitan satu sama lain, sehingga kerusakan pada bagian yang satu maka akan merusak fungsi ginjal secara keseluruhan.

Rusaknya fungsi - fungsi pada ginjal mengakibatkan timbulnya berbagai gangguan ginjal yang juga berpotensi timbulnya penyakit yang lain sebagai komplikasinya. Penyakit pada ginjal manusia ada beberapa macam, ini sebagai akibat rusaknya bagian - bagian ginjal sehingga mengganggu kerja ginjal secara keseluruhan.

Berikut ini adalah jenis - jenis penyakit pada ginjal yang perlu mendapatkan perhatian :

1. Pyelonephritis. Merupakan penyakit pada ginjal yang terjadi karena adanya infeksi dan

penyakit pada ginjal
peradangan jaringan ginjal dan renal pelvis ( ruang yang terbentuk dari perluasan ujung atas ureter tubulus yang menyalurkan urin ke kandung kemih ). Penyakit ginjal jenis ini dapat menjadi kronis dan akut.

2. Glomerulonephritis. Penyakit pada ginjal manusia yang ditandai dengan peradangan sebagian glomeruli ginjal. Penyakit ginjal ini dapat terjadi pada saat sistem imun tubuh lumpuh, antibodi dan zat - zat lainnya membentuk partikel dalam aliran darah yang terjebak dalam glomeruli. Akhirnya menyebabkam peradangan dan membuat glomeruli tidak dapat bekerja dengan baik.

3. Batu ginjal. Penyakit pada ginjal yang satu ini mungkin tidak asing lagi di telingan teman - teman sekalian. Penyakit batu ginjal disebut juga dengan renal calculus. Penyakit ginjal ini terjadi karena  terkumpulnya mineral dan benda organik yang terbentuk dalam ginjal, urin mengandung banyak garam dalam bentuk larutan dan jika konsentrasi garam mineral berlebih, kelebihan garam mineral mengendap menjadi partikel padat, itulah yang disebut dengan batu ginjal.

4. Gagal ginjal. Istilah penyakit pada ginjal manusia yang satu ini mungkin juga populer di telinga teman - teman semua. Penyakit ginjal ini disebut juga dengan renal failure, yang merupakan hilangnya sebagian atau keseluruhan fungsi ginjal. Gagal ginjal digolongkan menjadi 2 yaitu akut  ( ketika serangan tiba - tiba ) dan kronis.

Dengan memahami jenis penyakit pada ginjal manusia akan membuat kita lebih jelas mengenai perbedaan masing - masing, yang mungkin selama ini kita hanya mengenal penyakit ginjal ya ... penyakit ginjal.

Pelajari juga :
Bagaimana mengurangi risiko penyakit ginjal

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel