-->

Penyakit Diabetes : Pengertian Dan Macamnya

Penyakit Diabetes : Pengertian

Penyakit diabetes, atau yang juga polpuler dengan sebutan penyakit kencing manis adalah penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah, karena pankreas tidak dapat memproduksi hormon insulin. Ini merupakan penyebab diabetes secara umum. Selama ini masyarakat mengenal penyakit diabetes hanya sebagai Diabetes Melitus ( DM ), yang kemudian dibagi menjadi diabetes tipe 1 dan diabetes tips 2.

Padahal penyakit diabetes sebenarnya ada 3 macam, yaitu :
  1. Penyakit Diabetes Melitus
  2. Penyakit Diabetes Insipidus
  3. Penyakit Diabetes Insipidus Nefrogenik

Apa itu penyakit Diabetes Melitus ( DM )
Penyakit Diabetes Melitus atau kencing manis adalah penyakit yang timbul karena pankreas tidak dapat memproduksi hormon insulin, sehingga tubuh tidak dapat menyerap gula darah. Sehingga terjadi penumpukan kadar gula dalam darah.

Diabetes tipe 1 terjadi karena tidak berfungsinya pangkreas dalam memproduksi insulin sehingga tidak mampu menyerap glukosa menjadi energi, sehingga kadar gula darah akan terus tinggi didalam darah. 

Sedangkan diabetes tipe 2 , insulin masih dapat dihasilkan oleh pankreas namun sedikit, kemudian insulin yang sedikit itu diserap lemak tubuh. Sehingga tubuh masih kekurangan insulin untuk menyerap gula dalam darah.


Apa itu Diabetes Insipidus
Penyakit diabetes jenis ini ditandai dengan perasaan haus terus menerus dan sering ingin buang air kecil, terutama pada malam hari sebagai akibat dari kekurangan hormone antidiuretik yaitu hormon yang secara alami membuat air kemih tetap pada takaran normal manusia. Perasaan haus ini jika tidak dipenuhi dapat mengakibatkan tekanan darah rendah. Jika gejala diabetes di atas mungkin pernah anda rasakan, maka segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Penyakit diabetes jenis ini disebabkan oleh penyumbatan arteri yang menuju ke otak, dan meningitis, cedera otak terutama patah tulang pada dasar tengkorak, Tumor dan tuberkulosis.


Apa itu Diabetes Insipidus Nefrogenik
Penyakit diabetes jenis ini dibawa oleh kromosom X dan ditemukan pada laki - laki yang merupakan keturunan dari penderita diabetes. terjadi akibat ginjal menghasilkan air kemih yang encer namun ginjal gagal merespon terhadap hormon antidiuretik dan tidak mampu memekatkan air kemih.

Penyakit diabetes jenis ini disebabkan oleh kerusakan ginjal karena obat - obatan tertentu, atau bisa juga merupakan turunan sejak lahir.

Demikianlah macam - macam dari penyakit diabetes telah kami uraikan mudah - mudahan klasifikasi di atas membuat kita lebih tahu tentang penyakit diabetes melitus.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel