Pelajari RAHASIA MEMBELI ASURANSI UNIT LINK YANG MENGUNTUNGKAN Sebelum Mengambil Keputusan. Klik di sini
=========

Ciri Gejala Penyakit Paru Paru Basah, Biasanya Tak Terduga

Gejala Penyakit paru - paru basah. Penyakit ini tergolong cukup dikenal oleh masyarakat. Penyakit paru - paru basah adalah jenis penyakit yang ciri ciri atau gejalanya mirip - mirip dengan jenis penyakit lainnya, sehingga terkadang penderitanya hanya menganggapnya sebagai penyakit batuk biasa dan mengobatinya dengan obat batuk seadanya.

Kondisi tersebut membuat penyakit paru - paru basah berkembang semakin memburuk karena tidak diobati dengan tepat. Untuk itu gejala atau tanda penyakit sekecil apapun, alangkah bijak jika kita periksa ke dokter. Apalagi jika yang muncul adalah gejala penyakit paru - baru basah, harus hati - hati dan waspada, karena penyakit ini bisa mematikan.

Jika seseorang terserang penyakit paru-paru basah, kantung udara pada paru-paru atau alveoli akan dipenuhi banyak cairan atau nanah. Adanya kandungan cairan yang cukup tinggi di dalam paru-paru akan membuat kemampuan penyerapan udara akan jauh menurun. 


Awalnya ciri - ciri penyakit paru-paru basah  adalah : 
1. Biasanya ditandai dengan batuk kering dan pada akhirnya menjadi batuk berdahak dan disertai dengan demam. Dada, area dimana paru-paru berada pun akan terasa lebih sesak. Tenggorokan juga akan jauh lebih terasa sakit dan mata pun cenderung berair. Gejala paru - paru basah  ini memang mirip dengan penyakit flu berat. Namun, yang membedakan adalah adanya rasa sesak di dada yang tidak biasa dialami pada penderita flu.

Ciri ciri atau gejala penyakit paru-paru basah ini jika dibiarkan, penderitanya bisa mengalami berkurangnya nafsu makan dengan drastis. Kondisi ini bahkan bisa memicu penurunan berat badan secara signifikan. Dalam beberapa kasus, penderita paru-paru basah yang semakin kesulitan menyerap oksigen akan mengalami perubahan kulit menjadi lebih keunguan. Kulit, khususnya pada telapak tangan atau telapak kaki juga cenderung akan mudah mengalami keringat dingin.

Gejala paru - paru basah lainnya terkadang juga menampakkan ciri - ciri atau tanda yang khas seperti berikut ini :

2. Demam. Para penderita paru-paru basah biasanya akan mengalami demam sebagai bentuk protes dari tubuh karena ada kelainan di dalam tubuhnya terutama bagian paru-paru. Demam yang dirasakan memang mungkin tidak terlalu tinggi tapi cukup menganggu aktivitas para penderitanya. Demam yang  dirasakan juga akan terjadi secara berkala atau tidak secara terus-menerus.

3. Sakit Kepala. Penyakit paru-paru basah yang menyerang daerah paru-paru juga bisa berpengaruh pada organ lainnya salah satunya adalah kepala. Penderita paru-paru basah biasanya akan merasakan sakit kepala yang ringan. Hal ini dikarenakan kurangnya pasokan oksigen ke otak. Jadi, jika anda mengalami sakit kepala bukan berarti bagian kepala anda yang sakit namun bisa jadi ada organ lain yang bermasalah. Selalu waspada dengan keadaan ini.

4. Batuk Darah. Selain batuk berdahak dan batuk kering yang akan dialami oleh penderita paru-paru basah, batuk yang akan dialami juga biasanya bisa berupa darah. Hal ini sangat tidak baik dan mengindikasikan bahwa penyakit tersebut sudah cukup parah karena pembengkakan di dalam gelembung paru-paru sudah cukup parah dan pecah sehingga terjadi pendarahan di dalamnya. Batuk ini juga biasanya akan disertai dengan rasa sakit di bagian tenggorokan.

5. Mudah Lelah. Lelah merupakan hal yang biasa terjadi saat tubuh melakukan aktivitas secara terus-menerus dan tidak kunjung berhenti apalagi jika melakukan aktivitas berat. Rasa lelah yang dirasakan akan menghilang ketika tubuh istirahat atau tidur serta bisa dilakukan dengan mengonsumsi berbagai suplemen. Namun tanda dari penyakit paru-paru basah bukan rasa lelah yang biasanya dirasakan melainkan para penderitanya akan merasakan lelah secara terus-menerus meskipun tidak melakukan kegiatan apapun. Rasa lelah yang berkelanjutan ini dikarenakan terjadinya penurunan pasokan oksigen di dalam seluruh tubuh sehingga tubuh menjadi terasa lelah.

6. Radang Tenggorokan. Paru-paru basah juga bisa mengakibatkan peradangan pada tenggorokan atau yang biasa juga kerap kali disebut sebagai laryngitis. Hal ini akan mengakibatkan perubahan suara menjadi serak karena di dalam pita suara terdapat banyak lendir.

7. Rasa Sakit di Bagian Dada. Seperti yang diketahui penyakit paru-paru basah terjadi karena adanya infeksi di bagian gelembung paru-paru yang disebabkan oleh virus maupun bakteri sehingga terjadi pembengkakan di dalamnya. Secara posisi di dalam tubuh, organ paru-paru ini tepat di dalam tulang dada maka ini akan mengakibatkan rasa sakit dan nyeri pada bagian dada apabila dipegang ataupun tidak.

8. Bau Mulut. Ini bukan karena belum gosok gigi lho ya ..., bau mulut yang tidak sedap juga akan dirasakan oleh para penderita paru-paru basah. Kadar oksigen yang kurang akan membuat kelembaban mulut juga berkurang sehingga membuat bau yang tidak sedap di dalam mulut.

9. Detak Jantung Cepat. Jantung dan paru-paru merupakan dua organ yang sangat erat

ciri ciri tanda gejala penyakit paru paru basah
hubungannya. Paru-paru mengambil dan mengeluarkan oksigen dari luar tubuh sedangkan jantung berfungsi untuk mengelola oksigen yang akan diedarkan ke seluruh tubuh melalui darah. Oleh karena itu, jika terjadi gangguan paru-paru maka secara otomatis juga akan membuat kinerja jantung terganggu. Hal ini ditandai dengan detak jantung yang menjadi lebih cepat dibandingkan biasanya dan akan semakin parah jika penderita gejala paru-paru basah ini juga menderita tekanan darah tinggi.

10. Mual dan Muntah. Karena supply oksigen dalam tubuh terganggu maka bagian organ dalam perut juga terganggu dan menjadikan para penderita paru-paru basah akan merasakan mual dan muntah dalam jangka waktu yang lumayan dekat dan sering.

11. Rasa Nyeri di Bagian Persendian. Persendian yang sakit ini tentunya berbeda dengan gejala penyakit asam urat karena gejala lainnya berbeda. Bagian persendian ini akan terganggu karena pembuluh darah yang ada di dalamnya tidak bekerja maksimal. Sebagaimana telah diketahui bahwa pembuluh darah merupakan tempat mengalirnya darah di dalam tubuh dalam rangka menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh, dengan tidak maksimalnya fungsi pembuluh darah maka secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap terganggunya peredaran oksigen ke setiap organ tubuh yang membutuhkannya.

11. Bibir dan Kuku Pucat. Gejala paru - paru basah lainnya, bisa dilihat dari warna bibir dan kuku yang pucat hingga kebiruan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya asupan oksigen di dalam pembuluh darah bibir dan kuku. Namun ini bisa menjadi salah satu tanda efektif untuk menunjukkan seseorang terkena paru-paru basah atau tidak.

12. Gemetar. Para penderita penyakit paru-paru basah juga dapat dideteksi dengan adanya tubuh yang terus menerus gemetar tanpa ada sebab yang jelas. Gemetaran ini akan dirasakan oleh para penderita secara berkelanjutan dan tidak kunjung berhenti.

13. Gelisah. Ciri - ciri penyakit paru-paru basah juga biasanya menampakkan rasa gelisah. Ini bisa ditandai dengan tidur yang tidak nyenyak dan jika dialami oleh anak-anak atau bayi akan terus-menerus menangis dengan napas yang tersengal-sengal.


Ciri - ciri, tanda atau gejala penyakit paru paru basah di atas memang begitu banyak kelihatannya, namun seseorang yang menderita penyakit paru - paru basah tidak selalu menunjukkan gejala - gejala yang selengkap itu. Beberapa gejala yang timbul kemungkinan besar sudah dapat diketahui dengan pasti oleh dokter. Untuk itu agar penyakit paru - paru basah dapat segera ditangani dengan tepat, jika anda merasakan adanya beberapa gejala seperti di atas, sebaiknya segera periksa ke dokter sehingga penyakit tidak semakin memburuk.
Ciri Gejala Penyakit Paru Paru Basah, Biasanya Tak Terduga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edy Utomo

0 comments:

Posting Komentar

Mohon komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik. Komentar tidak pantas akan langsung kami hapus.