-->

Penyebab Kolesterol Tinggi Ini Mematikan, Harus Diwaspadai


Penyebab kolesterol. Sebagaimana kita ketahui setiap orang memiliki kolesterol dalam tubuhnya, namun permasalahan tibul setelah adanya kadar kolesterol yang berlebih sehingga menyumbat pembuluh darah. Yang selanjutnya kondisi ini akan menjadi fatal, timbul juga penyakit lainnya seperti jantung koroner. Ada banyak faktor yang dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi sehingga kita harus selalu waspada dan lebih memilih pola hidup sehat.

Pola makan yang tidak sehat bukan menjadi penyebab tunggal dari kadar kolesterol seseorang menjadi tinggi. Namun yang jelas, pola makan yang tidak sehat dipastikan dapat menjadi penyebab penyakit, tidak hanya klolesterol tinggi tetapi juga penyakit lainnya.

Jika sebelumnya kita membahas tentang apa itu kolesterol, juga gejala kolesterol dan obat kolesterol, berikut ini kita akan mengulas tentang hal - hal yang dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi. Penyebab penyakit kolestero tinggi dikelompokkan ke dalam 2 kategori, pertama penyebab kolesterol yang dapat dikontrol, kedua adalah penyebab kolesterol yang tidak dapat dikontrol. Lalu apa bedanya?

Penyebab kolesterol yang dapat dikontrol merupakan hal - hal yang menjadi penyebab kolesterol tinggi yang masih dapat kita hindari, yaitu dengan cara meninggalkannya. Sedangkan penyebab kolesterol yang tidak dapat dikontrol adalah hal - hal yang menjadi penyebab kolesterol tinggi yang sudah menjadi bawaan lahir, sehingga tidak dapat dihindari.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penyebab - penyebab kolesterol tinggi :

A. Penyebab kolesterol tinggi yang dapat dikontrol adalah sebagai berikut :

penyebab penyakit kolesterol tinggi

1. Kebiasaan  mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Hal yang paling berpengaruh terhadap kadar kolesterol dalam darah adalah tingginya kadar lemak jenuh dalam makanan tersebut. Makanan-makanan yang tinggi kadar lemak jenuhnya antara lain santan, jeroan, otak sapi, daging kambing, daging bebek dengan kulit, kulit ayam, kerang, udang, cumi, dan telur burung puyuh.

2. Kebiasaan mengkonsumsi minuman keras.

3. Merokok. Masyarakat kita sebagian besar adalah perokok, ini juga dapat menjadi penyebab kolesterol. Pada setiap batang rokok ditemukan sebuah zat kimia yang disebut akrolein. Zat ini dapat menghentikan aktivitas HDL atau kolesterol baik untuk mengangkut timbunan lemak dari tubuh menuju hati untuk dibuang. Akibatnya bisa terjadi penyempitan arteri atau aterosklerosis.

4. Adanya penyakit lain yang diderita. Beberapa kondisi yang bisa mengubah kadar kolesterol seseorang menjadi tinggi, di antaranya adalah karena mengalami tekanan darah tinggi dan diabetes, kelenjar tiroid yang kurang aktif, penyakit hati, dan penyakit ginjal.  
 
5. Kurang melakukan aktivitas fisik dan malas berolah raga.

6. Obesitas dan memiliki lingkar pinggang yang berlebihan. Untuk kita yang termasuk bangsa Asia, obesitas berarti memiliki lingkar pinggang berlebihan dimana melewati 90 cm bagi laki-laki atau 80 cm untuk perempuan. Jika seseorang mengalami obesitas, maka dia cenderung memiliki kadar kolesterol jahat dan kadar trigliserida yang lebih tinggi serta kadar kolesterol baik yang lebih rendah.



B. Penyebab kolesterol yang tidak dapat dikontrol, adalah meliputi hal - hal berikut ini :

1. Faktor keturunan. Satu dari lima ratus orang mewarisi kondisi ini dari orang tua. Seseorang yang memiliki kondisi ini, biasanya tidak bisa menghilangkan kelebihan kolesterol yang terdapat dalam darah dengan sempurna. Dan bagi mereka yang hidup dengan kadar kolesterol tinggi, berarti berisiko untuk mendapatkan gangguan jantung juga.



2. Faktor usia. Kolesterol tinggi juga dikaitkan dengan usia seseorang. Seiring pertambahan usia, risiko untuk terena penyempitan arteri atau aterosklerosis makin meningkat.
 
3. Ras atau suku tertentu. Kolesterol tinggi juga rentan dialami oleh ras-ras tertentu di dunia. Seseorang yang berketurunan Bangladesh, India, Sri lanka, atau Pakistan lebih berisiko mendapatkan kolesterol tinggi.

Dengan memahami beberapa penyebab kolesterol tinggi di atas, jika termasuk ke dalam penyebab kolesterol yang dapat dikontrol, tentu kita dapat mengendalikan kadar kolesterol kita dengan cara menghindari atau mengurangi hal - hal tersebut, tentunya tetap mengikuti petunjuk dokter. Namun bagi anda yang mengalami kolesterol tinggi karena penyebab yang tidak dapat dikontrol, bukan berarti hanya pasrah saja dan tidak perlu berusaha menemukan obat kolesterol. Dokter anda tentu lebih tahu apa yang terbaik untuk anda.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel