Pelajari RAHASIA MEMBELI ASURANSI UNIT LINK YANG MENGUNTUNGKAN Sebelum Mengambil Keputusan. Klik di sini
=========

Penyebab Diabetes Yang Sering Dilupakan

Penyebab Diabetes

Penyebab diabetes yang biasanya diketahui oleh masyarakat adalah biasanya karena keturunan. Padahal ada faktor lain yang juga berpotensi menjadi penyebab yang popular untuk penyakit diabetes. Ini berarti semua orang juga mempunyai kemungkinan terkena penyakit diabetes karena sebagai masyarakat Indonesia yang setiap hari mengkonsumsi nasi, sedangkan nasi adalah bahan makan yang juga menjadi penyebab diabetes, tergantung bagaimana pola makannya.

Penyebab diabetes secara umum dapat dipengaruhi beberapa faktor berikut ini  antara lain:

1. Gen  atau faktor keturunan. Ini merupakan salah satu faktor penyebab diabetes atau yang sering dikenal sebagai penyakit kencing manis. Seseorang menghadapi kemungkinan terkena penyakit diabetes jika dari pihak orang tua, baik ayah atau ibunya merupakan pengidap penyakit diabetes.  Itu baru kemungkinan, sehingga bila orang tua adalah pengidap diabetes, belum tentu juga keturunannya akan menderita penyakit diabetes. Kesadaran sebagai keturunan dari penderita diabetes, seharusnya dapat menjadi motivasi yang kuat untuk menerapkan pola hidup sehat, daripada menyikapi faktor  penyebab diabetes di atas dengan ketakutan.


Dengan demikian sebagai tindakan pencegahan pertama, sebagai orang tuan yang mengidap penyakit diabetes, sebaiknya menceritakan kondisi penyakitnya kepada anak keturunannya, agar anak – anaknya menjadi waspada sehingga dapat melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan, dan pemeriksaan dini.

2.  Faktor makanan atau pola makan. Penyebab diabetes yang satu ini sudah jelas karena adanya mengkonsumsi makanan atau minuman yang menjadi pemicu timbulnya penyakit diabetes. Makanan yang mengandung karbohidrat  tinggi seperti nasi mengandung kadar glukosa tinggi dan dapat memacu kadar gula darah. Sehingga pola makan yang sama terus – menerus dapat menjadi penyebab diabetes.

Dengan latar belakang seperti di atas, maka untuk mengurangi risiko penyakit diabetes dapat dilakukan dengan dengan diet, membatasi konsumsi nasi dengan mengkonsumsi makanan pengganti dari berbagai sumber sepert: kentang, gandum, sagu, singkong, ubi rambat ataupun jagung. Apalagi jika sudah ketahuan bahwa merupakan keturunan pengidap penyakit diabetes melitus, tentunya diet ini sudah harus dilakukan sejak dini.

Disamping nasi sebagai salah satu penyebab diabetes, maka ada juga minuman yang dapat menjadi pemicu meningkatnya kadar gula dalam darah yaitu the manis dan minuman bersoda.

Dengan mengetahui faktor penyebab diabetes di atas, maka berikut ini adalah langkah -  langkah pencegahan diabetes yang dapat dilakukan :
  1. Melakukan penyelingan menu nasi dengan makanan lain seperti kentang dan ubi. Ikan salmon atau Tuna dapat juga dikonsumsi sebagai pengganti karbohidrat. Ini merupakan makanan berkarbohidrat tinggi dan mudah diserap ke dalam peredaran darah.
  2.  Hindari makanan atau minuman dan makanan ringan yang mengandung kadar glukosa  tinggi.
  3. Perbanyak minum air putih.
  4. Olah raga teratur.
  5.   Berusaha mengendalikan stress, dengan cara berpikir positif.
  6. Secara teratur memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan bahwa kadar gula dalam keadaan normal.
  7. Hindari kebiasaan merokok, minuman beralkohol ataupun minuman bersoda.
Dengan mengetahui penyebab diabetes tentunya dapat dilakukan langkah - langkah pencegahan sehingga risiko dari penyakit ini dapat diminimalkan, tanpa menunggu merasakan gejala diabetes. Selain mengenal apasaja yang menjadi penyebab diabetes, masih banyak hal – hal lain yang perlu dipelajari tentang penyakit diabetes, seperti diet sehat untuk diabetes, olah raga apa yang disarankan, menu makanan apa yang harus dikonsumsi, jenis makan atau minuman apasaja yang dilarang untuk penderita diabetes, semua harus diketahui secara lengkap.

Penyebab Diabetes Yang Sering Dilupakan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edy Utomo

0 comments:

Poskan Komentar

Mohon komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik. Komentar tidak pantas akan langsung kami hapus.