Pelajari RAHASIA MEMBELI ASURANSI UNIT LINK YANG MENGUNTUNGKAN Sebelum Mengambil Keputusan. Klik di sini
=========

Asam Urat : Pengertian Penyakit Asam Urat

Pengertian Asam Urat

Asam urat. Apa itu penyakit asam urat?  dalam istilah medis, penyakit asam urat disebut juga dengan Gout, merupakan penyakit yang terjadi sebagai akibat dari adanya penumpukan asam urat secara berlebihan di dalam tubuh.  Ini terjadi karena penumpukan zat purin yang berlebihan yang menumpuk di persendian, sehingga persendian menjadi bengkak dan meradang.

Jika anda sering merasakan nyeri pada persendian, agaknya harus berhati - hati , bisa - bisa anda sudah mengidap penyakit asam urat.


Penyebab Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat terjadi karena ada beberapa  faktor seperti : 
  1. Gangguan metabolisme yang dapat mengakibatkan meningkatnya produksi asam urat, yang merupakan gabungan antara faktor genetik dan faktor hormonal sehingga  pengeluaran asam urat dari tubuh berkurang.
  2. Kadar purin yang tinggi karena mengkonsumsi jenis makanan tertentu yang mengandung kadar purin yang tinggi.
  3. Adanya penyakit darah  (penyakit sumsum tulang, polisitemia), obat-obatan (alkohol, obat-obat kanker, vitamin B12). 
  4. Obesitas (kegemukan), penyakit kulit (psoriasis), kadar trigliserida yang tinggi. Pada penderita diabetes yang tidak terkontrol dengan baik biasanya terdapat kadar benda-benda keton (hasil buangan metabolisme lemak) yang meninggi. Benda-benda keton yang meninggi akan menyebabkan asam urat juga ikut meninggi.


Makanan Utama Penyebab Asam Urat


Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat menjadi pemicu tingginya kadar asam urat :
  1. Daging, seperti daging sapi, daging kuda dan daging kambing. Jenis daging yang memiliki kadar asam urat tinggi adalah daging kuda 200mg/100g, daging ayam 169mg, daging angsa 165mg, daging bebek 138mg. Kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5 – 7 mg/dl dan pada perempuan 2,6 – 6 mg/dl. Kadar asam urat yang berlebih tentunya akan memperberat kerja ginjal dan bermanifestasi pada penyakit asam urat.
  2. Kerang. Jenis makanan laut seperti kerang, udang pun mengandung purin yang cukup tinggi. Kerang memiliki kadar purin 136mg/100 gram dan udang memiliki kadar purin 118 mg/100 gram.
  3. Jeroan. Jeroan seperti hati, ginjal, limpa, paru dan otak merupakan salah satu dari 6 Makanan Utama Penyebab Asam Urat yang harus diwaspadai, Sebagai contoh limfa domba/kambing memiliki kadar purin 773mg/100 gram, hati sapi 554 mg/100 gram, paru-paru sapi 339mg/100 gram, ginjal sapi 269mg/100gram.
  4. Daun Melinjo, buah melinjo beserta turunannya seperti emping melinjo . Termasuk sayuran dengan bahan daun melinjo dan buah melinjo. Bagi penderita asam urat. Dua buah sayuran ini mengandung kadar purin tinggi. 
  5. Ikan Sarden. Ikan sardenyang biasa dijadikan ikan kalengan ternyata dapat menyebabkan asam urat juga. Kadar purin yang tinggi, yaitu 480mg/100 gram yang menjadi alasannya.
  6. Coklat. Tidak ada yang menyadari bahwa makan enak seperti coklat ternyata memiliki kadar purin yang paling tinggi diantara yang lain, yaitu 2300mg/100 gram. Teobromin atau kafein cokelat harus kita batasi asupannya.
  7. Ekstrak daging: dendeng dan abon.
  8. Seafood: kepiting, cumi-cumi, kerang, sotong, remis, ikan sarden, ikan teri, tiram, udang.
  9. Bebek: kalkun dan angsa.
  10. Makanan kaleng: sarden, kornet sapi dll.
  11. Buah-buahan: nanas dan durian.
  12. Sayuran: bayam, buncis, kembang kol, jamur kuping, daun pepaya, daun singkong, kangkung dan asparagus.
  13. Kacang-kacangan: kacang tanah, tauge, kacang hijau, melinjo, emping, kacang kedelai termasuk kedelai olahan seperti tempe,susu kedelai, oncom dan tauco.
  14. Makanan gorengan, makanan yang dimasak dengan mentega atau margarin, makanan bersantan.


Faktor Risiko Penyakit Asam Urat

Berikut ini adalah faktor atau kondisi dimana seseorang dapat terserang penyakit asam urat :
  • Suku bangsa minahasa mempunyai risiko tinggi terkena penyakit asam urat karena kebiasaan makan ikan dan konsumsi alkohol.
  • Konsumsi alkohol. Orang yang mempunyai kebiasaan mengkonsumsi alkohol menyebabkan kemampuan tubuhnya untuk membuang asam urat lewat urine menjadi berkurang, sehingga asam urat  menumpuk di dalam darah.
  • Kebiasaan konsumsi jeroan, sea food: udang, cumi, kerang, kepiting, ikan teri.
  • Obesitas ( kegemukan ).

Gejala Asam Urat

Berikut ini adalah beberapa gejala yang biasanya dirasakan oleh penderita asam urat :
  • Persendian terasa nyeri pada saat bangun tidur dan pada saat malam hari.
  • Terjadi rasa nyeri pada persendian secara berulang kali.
  • Persendian memerah dan meradang, linu, ngilu dan kesemutan.
  • Untuk kasus yang lebih parah persendian akan mengalami sakit saat mengalami pergerakan.
Penyakit asam urat merupakan salah satu penyakit yang populer di tengan masyarakat kita. Bagaimanapun juga penyakit asam urat ini juga disebabkan pola makan dan gaya hidup tidak sehat, maka kembali menjaga pola hidup sehat adalah keharusan jika tidak ingin terserang penyakit asam urat.





Asam Urat : Pengertian Penyakit Asam Urat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edy Utomo

0 comments:

Posting Komentar

Mohon komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik. Komentar tidak pantas akan langsung kami hapus.